Home / Otomotif / Ferrari 812 Competizione, Seri Terbaru Supercar Model GT Flagship Ferrari

Ferrari 812 Competizione, Seri Terbaru Supercar Model GT Flagship Ferrari

Ferrari baru saja memperkenalkan seri terbatas terbaru dari tipe supercar GT Ferrari 812 Superfast yaitu Ferrari 812 Competizione.

Hadirnya Ferrari 812 Competizione telah meneruskan tradisi versi sports-oriented model GT flagship Ferrari.

“Competizione, yang berarti kompetisi, adalah merepresentasikan konsep dan posisi mobil ini (812 Competizione) secara sempurna,” ungkap Enrico Galliera yang merupakan Chief Marketing and Commercial Officer Ferrari.

“Di tipe baru ini, kami berusaha memusatkan seluruh kemampuan dan teknologi yang kami kembangkan didalam balap ketahanan serta Formula 1,” ujar Enrico menambahkan.

Lebih Bertenaga

Ferrari 812 Competizione dan juga Competizione A telah dibekali dengan mesin yang jauh lebih bertenaga, ternyata ada perubahan pada bagian ini.

Ferrari 812 Competizione dan Competizione A merupakan Ferrari seri terbatas yang berbasis Ferrari 812 Superfast.

Sama seperti 812 Superfast, 812 Competizione dan Competizione A dibekali mesin V12 aspirasi normal dengan kapasitas sebesar 6.496 cc.

Bedanya, mesin tersebut diklaim pabrikan dapat menghasilkan tenaga 830 dk dengan torsi sebesar 692 Nm.

Untuk menambah tenaga mesin, Ferrari telah melakukan beberapa perubahan pada bagian mesin 812 Competizione.

Mulai dari internal mesin, Ferrari telah memodifikasi bagian mesin V12 berkode F140 tersebut dengan komponen titanium serta coating diamond-like-carbon (DLC).

Modifikasi tersebut dipadukan dengan bagian crankshaft yang diseimbangkan ulang, sehingga dapat meningkatkan batas putaran mesin menjadi 9.500 RPM.

Lalu pada kepala silinder, camshaft mesin menggerakkan bagian katup melalui follower yang dilapisi diamond-like-carbon membuat profil bukaan katup lebih besar.

Tanpa Vortex Generator

 Ferrari 812 Competizione A tidak memiliki fitur aerodinamika vortex generator pada bagian screen belakang, tapi sebagai gantinya Ferrari 812 Competizione coupe disematkan dengan fitur aerodinamika vortex generator pada bagian screen belakangnya.

Vortex generator pada bagian belakang berfungsi untuk mengurangi separasi aliran udara serta membantu menghasilkan downforce di kolong mobil.

Pada tipe 812 Competizione coupe, vortex generator berfungsi mendistribusi tekanan udara pada bagian as belakang,  hanya saja di 812 Competizione A yang beratap Targa, tidak ditemui vortex generator di bagian tersebut.

Walaupun tidak ada vortex generator di Competizione A karena menggunakan model atap lipat, Competizione A akan otomatis terlipat ke dalam bagian belakang mobil pada saat pengemudi membuka atap. Dan sebagai penggantinya, Ferrari memberikan dua buah flying buttresses yang terhubung dengan sebuah panel jembatan.

Check Also

MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Teknologi dan Konektivitas Modern

Permainan teknologi mutakhir jelas dimanfaatkan sebagai salah satu nilai jual SUV masa kini. Terutama dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published.