Home / Lifestyle / Bekerja di Rumah, Meningkatkan Kualitas Hidup

Bekerja di Rumah, Meningkatkan Kualitas Hidup

Dewasa ini, banyak tenaga kerja berusia produktif terutama generasi muda milenial mencari perusahaan yang mengizinkan karyawannya bekerja di rumah. Mengapa? Mereka membutuhkan waktu ideal untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dan pribadi mereka.

Banyak dari mereka beranggapan, pekerjaan yang baik bersifat fleksibel dalam hal waktu dan tempat. Bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja, seperti bekerja di rumah pada siang hari. Tak perlu bangun lebih pagi dan bermacet-macetan ria demi tiba di kantor tepat waktu.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah perusahaan mulai menerapkan aturan yang membebaskan karyawannya dalam bekerja. Bebas di sini berarti para karyawan tidak diwajibkan hadir secara fisik ke kantor, melainkan menuntaskan pekerjaan sebaik-baiknya.

Lantas, bagaimana dengan diri Anda? Apakah Anda tipikal pekerja yang senang bekerja di rumah? Dari sejumlah penelitian, terungkap bahwa pekerjaan yang dilakukan dari rumah membawa banyak kebaikan dan meningkatkan kualitas hidup para karyawan. Inilah dampak kebaikan yang dimaksud.

Stres Menurun
Bagi penduduk di kota-kota besar, menghadapi jalanan macet pada pagi hari ketika berangkat bekerja tentu mendatangkan stres. Namun dengan bekerja dari rumah, Anda mengurangi tingkat stres karena kondisi lebih tenang dan nyaman. Hal ini sulit diperoleh karyawan yang bekerja di kantor.

Lebih Sehat
Bila stres menurun, tentu hidup Anda menjadi lebih sehat. Anda bisa bergerak lebih aktif dan leluasa. Hal itu meliputi kebebasan untuk bekerja sembari mendengarkan musik, makan camilan, mengontrol suhu udara dan masih banyak lagi. Tak akan ada atasan yang menegur Anda. Berdasarkan riset, ditemukan fakta bahwa karyawan yang bekerja di rumah cenderung lebih jarang absen karena sakit dibandingkan pekerja kantoran.

Fokus Meningkat
Anda bisa berkonsentrasi dalam bekerja karena tidak banyak hal yang bisa menyebabkan Anda terdistract. Gangguan minim berarti Anda bisa menuntaskan pekerjaan lebih cepat dan mempunyai sisa waktu untuk mengerjakan yang lain.

Menabung
Tentu tidak aneh bila pengeluaran jauh lebih sedikit. Pasalnya, Anda tidak perlu membayar biaya transportasi atau parkir kendaraan di kantor, bahkan urusan makan siang Anda. Bila ingin makan, Anda tinggal ke dapur dan mengambil nasi beserta lauknya. Meski demikian, hematlah penggunaan listrik di rumah agar tagihan tidak membengkak.

Kehidupan Profesional dan Pribadi Seimbang
Tak sedikit dari para pekerja ‘rumahan’ mengaku kehidupan pribadi mereka lebih membaik. Terlebih bagi mereka yang telah berkeluarga, waktu untuk istri dan anak tidak terbengkalai lantaran porsinya seimbang.

Check Also

Rahasia Sukses Berkarir di Luar Negeri

Pernahkah terbesit di benak Anda untuk sukses berkarir di luar negeri? Bila jawabannya positif, artinya …