Home / Gadget / Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62: Baterai Monster dan SoC Flagship

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M62: Baterai Monster dan SoC Flagship

Smartphone Samsung sangat jarang sekali yang termasuk smartphone kelas mid-range dengan rasa flagship. Tapi rupanya hal ini bisa kamu temui pada perangkat yang berikut ini yaitu Samsung Galaxy M62.

Flagship ini tentunya tidak hanya berpatokan dengan performa ketika bermain game saja. Tapi juga kemampuan keseluruhan seperti mulitasking, dan juga kamera yang ditawarkan.

Seperti Galaxy M Series lainnya, Galaxy M62 hadir ke Indonesia, dengan dibekali “Monster Battery”. Satu hal yang menarik, smartphone ini tidak hanya dilengkapi dengan baterai besar saja, tetapi juga memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk Galaxy M Series!

Berikut adalah review Samsung Galaxy M62 berikut ini

Isi Box

Isi dari paket Galaxy M62 adalah berikut:

  • Unit smartphone
  • Charger 25 Watt
  • Kabel USB Type C
  • SIM card ejector
  • Paket dokumen

Review Samsung Galaxy M62

Paket penjualannya smartphone ini bisa dikatakan minim, dan memang sudah umum dijumpai untuk Galaxy M Series. Tidak ada case dan screen protector yang disertakan, membuat kita mau tidak mau harus membelinya secara terpisah untuk mengamankan smartphone ini.

Desain dan Spesifikasi

Samsung Galaxy M2 muncul dengan desain yang disebut sebagai “Prismatic Look”, dengan holographics pattern dan premium gloss finish. Ada tiga warna yang ditawarkan yaitu Black, Green, dan Blue.

Review Samsung Galaxy M62

Material yang digunakan yaitu polycarbonate, dan tampak terlihat jelas bahwa Samsung Galaxy M62 ini bukan smartphone yang tipis dan ringan, justru kebalikannya, tebal dan relatif berat, karena mengakomodasi “Monster Battery” yang digunakannya.

Secara presisi, dimensi yang dimilikinya yaitu 163.9 x 76.3 x 9.5 mm dengan bobot 218 gram. Tentunya perangkat ini memang akan terasa “penuh” di telapak tangan pengguna.

Untuk port dan tombol, Samsung Galaxy M62 memilki diantaranya:

  • Kanan: Tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume
  • Atas: Microphone
  • Kiri: Tray SIM (Non-Hybrid, 2x Nano SIM + 1 Micro SD)
  • Bawah: audio jack, microphone, USB Type C, speaker

Di bagian depan tentunya ada ke layar dimana, smartphone ini dilengkapi dengan layar 6.7” Infinity-O Display dengan Resolusi Full HD+ (2400 x 1080 px). Panelnya sudah menggunakan Super AMOLED Plus, sehingga warna yang dihasilkan terlihat lebih cemerlang.

Review Samsung Galaxy M62

Pada bagian atasnya terdapat notch berbentuk punch hole untuk kamera selfie, serta earpiece. Kamera selfie menggunakan sensor 32 MP f/2.2 dengan kemampuan Video Recording up to 4K30, 1080p 30.

Pada bagian belakang terdapat kamera Utama yang memiliki konfigurasi Quad Camera yaitu dengan sensor 64 MP Main Camera f/1.8 + 12 MP Ultra-Wide f/2.2 + 5 MP Depth Camera f/2.4 + 5 MP Macro Camera f/2.4. Bagian kamera juga di lengkapi dengan lampu LED Flash. Perekaman videonya yaitu up to 4K30, 1080p30 dengan fitur Slow Motion up to 720p480.

Review Samsung Galaxy M62

Beralih ke bagian dalamnya, ada Soc yang powerful, mungkin belum pernah di temui sebelumnya pada kelas menengah Samsung, bahkan A series sekalipun. Ini adalah SoC Exynos 9825, SoC yang juga digunakan di Samsung Galaxy Note 10. Tentunya ini membuat Galaxy M62 ini menjadi sangat menarik, karena menggunakan SoC “mantan flagship”!

SoC ini dibangun dengan fabrikasi 7nm, dan memiliki konfigurasi CPU Octa-Core (2x Mongoose M4 2.73 GHz + 2x Cortex A75 2.4 GHz + 4x Cortex A55 1.95 GHz) dan GPU: Mali-G76 MP12.

Opsi RAM/Storage yang ditawarkan yaitu 8 GB/256 GB, dan hanya ada satu opsi memori untuk Galaxy M62 ini. Namun masih tersedia slot MicroSD jika pengguna ingin menambahkan media penyimpanan external.

Kapasitas baterai tentunya menjadi keunggulan utama pada smartphone ini, yaitu dengan mengusung baterai 7000 mAh. Ini didukung dengan charging 25 Watt USB Type-C, untuk pengisian dayanya.

Review Samsung Galaxy M62

Untuk Sensor, cukup lengkap yaitu mulai dari Accelerometer, Gyro, Proximity, Light Sensor, Geomagnetic. Konektivitas yang tersedia tentunya data selular (2G, 3G, 4G), Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.0. Dan smartphone ini semakin lengkap dengan kehadiran NFC. Bahkan juga masih ada FM Radio secara built-in, namun tentunya pengguna membutuhkan headset untuk antena-nya.

Di sisi software, perangkat ini menggunakan basis Android 11 dengan antar muka One UI 3.0.

Harga

Samsung Galaxy M62 memiliki harga resmi Rp 5.999.000. Tetapi, menariknya di pasaran, smartphone ini bisa kalian dapatkan dengan harga yang lebih rendah.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Samsung Galaxy M62 ini adalah smartphone yang cukup unik. Performa untuk kesehariannya terasa nyaman dan cukup kencang sehingga seperti pakai flagship dengan kesigapan perpindahan antara aplikasi, terasa nyamannya.

Walaupun kemampuan gaming-nya yang standar, dan layarnya yang hanya 60 Hz, kami menghargai racikan yang unik ini. Sehingga bisa merasakan performa keseharian yang sangat nyaman, layar dengan tuning warna keren, kamera mantap khas Samsung, serta baterai super besar yang tahan lama, 7000 mAh.

Review Samsung Galaxy M62

Semua itu cuma ada di Samsung Galaxy M62 yang harganya sudah berada di kisaran Rp 4.5 jutaan ini.

Dari keseluruhan pengujian review Samsung Galaxy M62, kami mengambil beberapa catatan kesimpulan sebagai berikut.

Hal yang perlu diperhatikan

  • Ini adalah smartphone yang tergolong besar dan berat. Namun jika daya tahan baterai adalah yang diutamakan pengguna, maka bobotnya yang besar akan sangat bisa dikompromi.
  • Galaxy M62 menggunakan SoC flagship yang memang umumnya memiliki sistem pendingin khusus. Jadi, jangan heran kalau di M62, performanya tidak sestabil di Note 10+. Suhu permukaan pun akan terasa hangat saat main game berat seperti Genshin Impact. Mirip sekali dengan smartphone flagship pada umumnya.
  • Perlengkapannya minim. Tidak ada case, dan screen protector. Saat memilih smartphone ini, pastikan sudah membeli pelindungnya dulu ya.
  • Kita tidak memperoleh layar 90 atau 120 Hz, ini layar klasik 60Hz. Akan tetapi, mengingat smartphone ini dirancang agar konsumsi dayanya rendah, layar 60Hz tentunya sangat wajar. Lagipula, pengguna tetap mendapatkan pengalaman visual yang baik dengan layar Super AMOLED plus.
  • Belum menggunakan dual speaker, seperti pada A series terbaru.
  • Di harga ini, M62 belum menggunakan SoC 5G. Namun, saat ini 5G sendiri masih baru memulai debutnya di Indonesia, jadi belum menjadi sebuah kebutuhan mendesak saat ini

Hal yang kami sukai

  • Baterainya besar, membuat daya tahannya tinggi. Bisa digunakan berpergian tanpa membawa powerbank.
  • Kualitas kameranya, khas Samsung
  • Kelengkapan menu kameranya menyerupai Samsung seri A kelas atas dan flagship Samsung. Lengkap hingga ke menu Pro utk video. Sayangnya, memang belum ada opsi perekaman 60 fps.
  • RAM dan storage terbilang besar untuk kelas harganya. Konfigurasi 8/256 itu biasanya untuk smartphone kelas flagship.
  • SoC/chipset/prosesornya yang kelas flagship. Memang, ini bukan SoC gaming, Tapi, untuk dipake kerja dan penggunaan multitasking lainnya, ini SoC jauh lebih dari cukup. Masih sangat sulit dikejar SoC mid-end lainnya.