Home / Grooming / REKOMENDASI DAN TIPS MEMILIH SCRUB WAJAH PRIA

REKOMENDASI DAN TIPS MEMILIH SCRUB WAJAH PRIA

Hai, apakah sedang mencari scrub wajah pria yang cocok buat kamu tapi bingung memilihnya? Atau mungkin, kamu lebih tertarik menggunakan scrub yang natural saja agar lebih hemat?

Kalau disuruh memilih satu bagian tubuh yang selalu ingin terjaga menggunakan baik, kebanyakan orang pasti akan memilih wajah. Baik pria maupun wanita, memiliki wajah yang sehat dan bersih tentunya menjadi hal yang didambakan.

Untuk merawat kesehatan kulit wajah, ada beberapa cara yang dapat kamu coba. Salah satu yang biasa para pria adalah membersihkan wajah menggunakan facial foam setiap selesai beraktivitas dan sebelum tidur.

Namun kalau kamu ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar, sebenarnya penggunaan facial foam saja tidak cukup. Masih ada kemungkinan kotoran menempel di wajah tidak terangkat dan kalau kamu biarkan dalam jangka waktu lama justru akan memicu timbulnya masalah kulit lain.

Oleh karenanya, scrub wajah pria menjadi hal yang penting. Menggunakan melakukannya secara rutin, beberapa manfaat nyata yang dapat langsung kamu rasakan.

Scrub Wajah Pria

Mungkin masih beberapa pria yang belum terlalu conscious tentang pemakaian scrub dan apa saja pengaruhnya terhadap kulit wajah. Padahal produk yang satu ini cukup efektif mencerahkan wajah dan harganya pun sangat bersahabat.

Ingin tahu lebih jauh tentang pengertian scrub serta kegunaannya? Langsung saja simak penjelasannya dalam poin-poin di bawah ini.

1. Pengertian Scrub

Scrub merupakan produk perawatan wajah yang cukup mudah kamu dapatkan di pasaran. Bentuknya berupa partikel kecil atau butiran-butiran yang dapat langsung diaplikasikan ke permukaan wajah.

Ada 2 jenis scrub yang paling kadang dipakai, adalah produk perawatan wajah yang mengandung scrub serta scrub natural. Dua-duanya berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati atau lebih dikenal menggunakan istilah eksfoliasi.

Sel kulit mati tersebut dapat berefek buruk kalau kamu biarkan begitu saja. Contohnya antara lain kulit wajah menjadi kering, kusam, dan pada akhirnya muncul jerawat yang tentunya sangat mengganggu penampilan.

Karena facial foam saja tidak cukup ampuh mengangkat sel kulit mati, maka kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk rutin menggunakan scrub. Tetapi jangan lupa untuk selalu memastikan kalau produk yang kamu pakai terbukti aman dan tidak merusak tekstur kulit wajah.

2. Kegunaan Scrub

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa manfaat yang dapat kamu dapatkan dari pemakaian scrubYang utama adalah mengangkat sel kulit mati, kotoran, serta minyak di wajah.

Kemudian scrub juga berguna untuk memperbaiki sel-sel kulit. Menggunakan usia yang semakin bertambah, kemampuan kulit untuk beregenerasi pun semakin berkurang.

Oleh karenanya, proses eksfoliasi menggunakan scrub efektif untuk peremajaan kulit. Manfaat ketiga adalah membantu meningkatkan produksi kolagen.

Zat yang satu ini berperan penting membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bercahaya serta menyamarkan tanda-tanda penuaan. Yang terakhir, memakai scrub secara rutin ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat.

Kotoran, minyak, dan debu yang menempel di wajah akan menyumbat pori-pori sehingga dapat memicu jerawat. Scrub akan mengangkat semua noda tersebut sehingga flek hitam dan jerawat kemungkinan timbulnya semakin kecil.

Rekomendasi Scrub Wajah Natural

Kalau kamu ingin mencoba melakukan eksfoliasi kulit wajah, ada beberapa bahan natural yang dapat dimanfaatkan. Bahan-bahan ini cukup mudah didapatkan dan pastinya lebih aman dibandingkan produk menggunakan kandungan bahan kimia.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Test this out!

1. Strawberry

Stroberi

Selain rasanya yang lezat, strawberry juga punya efek positif untuk menyehatkan permukaan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan serta menghaluskan kulit wajah.

Itulah alasan mengapa strawberry tepat buat kamu jadikan scrub natural. Untuk meraciknya pun sangat mudah dan tidak perlu waktu lama.

Pertama, siapkan strawberry secukupnya dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu, campurkan menggunakan madu atau cuka apel.

Oleskan bahan tersebut ke wajah kamu secara merata dan biarkan kurang lebih 15 menit. Kalau sudah, tinggal basuh menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Lemon

Buah lemon untuk scrub wajah alami

Sudah beberapa studi yang menyebutkan bahwa air perasan lemon mengandung antiseptik yang efektif membunuh bakteri. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan lemon untuk scrub wajah.

Tinggal siapkan saja beberapa buah lemon, garam, dan air matang. Campurkan semua bahan tersebut menggunakan ukuran ½ sendok teh perasan lemon, 1 sendok makan garam, dan air secukupnya.

Kemudian oleskan ke wajah secara merata menggunakan interval waktu 2-3 menit. Basuh menggunakan air bersih kalau sudah.

Namun ingat, kamu perlu benar-benar memperhatikan ukuran karena penggunaan air lemon yang berlebihan dapat memicu iritasi. Kamu perlu mengulangi proses tersebut 2-3 kali seminggu agar memiliki hasil maksimal.

3. Kopi

Kopi sebagai scrub wajah

Bahan natural yang satu ini cukup unik. Beberapa orang yang belum tahu kalau ternyata kopi berguna baik untuk kulit wajah.

Alasannya adalah bubuk kopi mengandung beberapa antioksidan sehingga mampu menangkal gejala penuaan dini serta masalah lain di wajah. Selain itu, kopi juga dapat kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakannya adalah menggunakan mencampurkan bubuk kopi menggunakan air atau minyak kelapa. Lalu aduk sampai dirasa kekentalannya cocok.

Kemudian kamu tinggal balurkan ke permukaan wajah sembari digosok perlahan. Setelah kering, basuh menggunakan air mengalir agar tidak meninggalkan bekas.

4. Gula Kelapa

Gula Kelapa untuk Scrub Wajah Pria Alami
Sumber: Healthline.com

Sebenarnya hampir semua jenis gula dapat kamu manfaatkan sebagai scrub natural. Namun gula kelapalah yang kadang dijadikan opsi utama karena teksturnya lebih lembut kalau dibandingkan menggunakan gula pasir.

Kandungan asam lemak omega 3 di dalam gula kelapa efektif untuk membantu proses peremajaan kulit serta melembabkannya. Cara membuatnya adalah menggunakan mencampurkan gula kelapa yang sudah dihaluskan ditambah minyak kelapa.

Rekomendasi takarannya adalah masing-masing bahan sebanyak setengah cangkir. Setelah itu, langsung saja kamu oleskan ke permukaan wajah dan setelah kering basuh menggunakan air bersih.

Karena sifat dasarnya yang mudah lengket, kamu perlu membilas scrub gula kelapa sampai benar-benar bersih. Untuk hasil yang maksimal, setidaknya lakukan scrubbing 2-3 kali seminggu.

5. Madu

Madu untuk Kesehatan Wajah

Bahan natural terakhir yang dapat kamu coba sebagai scrub adalah madu. Selain menghaluskan dan melembabkan kulit wajah, madu juga mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Untuk membuatnya, ada beberapa bahan natural lain yang dapat kamu gunakan sebagai campuran. Contohnya seperti gula merah yang sudah dihaluskan dan bubuk almond.

Namun kalau kamu ingin mencoba scrub madu murni saja juga tidak masalah. Yang terpenting, selalu usahakan untuk rutin scrubbing menggunakan madu karena sudah terbukti efeknya sangat baik untuk kesehatan kulit.

Cek juga: Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut Pria Secara Natural

 

Suggestions Memilih Produk Scrub Wajah Pria

Agar proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati wajah berjalan sesuai harapan, kamu juga perlu memperhatikan produk yang dipakai. Perlu diketahui, tiap-tiap jenis kulit punya karakteristik yang berbeda dan cara perawatannya pun tidak dapat dipukul rata.

Oleh karenanya, sebaiknya kamu simak dulu suggestions memilih produk scrub wajah sesuai jenis kulit di bawah ini agar nantinya usaha yang dilakukan tidak menjadi sia-sia. Let’s see, guys!

 

1. Kulit Regular

Scrub Wajah Pria Tipe Kulit Normal
Sumber: Vissbeauty.com

Dapat dibilang diantara jenis kulit lainnya, kulit regular termasuk paling mudah dari segi perawatan. Namun bukan berarti kalau kamu punya kulit regular berarti bebas dari ancaman jerawat dan komedo.

Tetap diperlukan penggunaan scrub agar kebersihan kulit wajah kamu semakin terjaga. Saran gw, lakukan scrubbing minimal 2 kali seminggu.

Pilih produk yang mengandung enzim. Bahan ini efektif untuk membersihkan kulit dari polutan dan juga membuat kulit wajah lebih halus.

2. Kulit Berminyak

Pria Tipe Kulit Berminyak
Sumber: nymag.com

Tipe kulit berminyak membutuhkan perawatan ekstra. Kalau sampai salah therapy, resikonya adalah muncul jerawat dan wajah akan terlihat kusam.

Penyebab wajah berminyak antara lain karena pori-pori kulit besar. Oleh karenanya, usahakan pilih produk scrub yang tidak berefek menyumbat pori-pori.

Ada beberapa opsi produk untuk kulit berminyak, contohnya scrub menggunakan kandungan mint dan asam salisilat. Kedua bahan tersebut mampu mengangkat minyak berlebih di wajah dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Kamu dapat melakukan scrubbing hingga 3 kali seminggu untuk kulit berminyak. Akan semakin baik kalau kamu juga menggunakan facial foam yang mengandung salicylic acid karena bekerja mengikat minyak berlebih di wajah.

3. Kulit Kering

Pria Tipe Kulit Wajah Kering
Sumber: theassemblystore.com

Pada dasarnya, proses scrubbing akan membuat kulit wajah terasa lebih kering. Oleh karena itu kalau memang kamu punya tipe kulit kering, sangat penting untuk memperhatikan produk scrub yang ingin digunakan.

Sebaiknya pilih scrub menggunakan kandungan moisturizer tinggi. Dapat juga kamu memakai scrub yang kaya acid dan ekstrak natural seperti nutrisi almond dan zaitun.

Yang perlu diingat, kamu tidak perlu terlalu intens melakukan scrubbing pada kulit wajah kering karena justru dapat menyebabkan iritasi dan semakin kering. Sekali seminggu saja cukup untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati serta menghindarkan wajah kamu dari kemungkinan timbulnya jerawat.

Agar hasilnya lebih maksimal, tidak ada salahnya kamu juga memanfaatkan bahan natural yang berfungsi merawat kelembaban kulit. Contohnya seperti madu dan minyak kelapa.

4. Kulit Berjerawat

Pria dengan Tipe Kulit Wajah Berjerawat
Sumber: baldingbeards.com

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kotoran yang menempel di wajah dan tidak dibersihkan secara teratur. Untuk mengatasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memang kamu perlu rutin melakukan perawatan wajah menggunakan tepat.

Untuk tipe kulit berjerawat, opsi scrub terbaik adalah yang mengandung salicylic acid. Bahan kimia ini mampu membersihkan kotoran sampai ke pori-pori dalam.

Pemakaian scrub untuk kulit berjerawat tidak perlu sesering kulit regular, 1-2 kali seminggu sudah cukup. Kalau memang masih ada jerawat yang meradang, saran gw hindari dulu pemakaian scrub.

Nantinya saat jerawat sudah mengempis, barulah lakukan scrubbing secara rutin. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan rasa perih dan menghindari iritasi.

5. Kulit Menua

Pria dengan Kulit Menua
Sumber: globalcareclinic.com

Untuk pria menggunakan usia 40 tahun ke atas, sebaiknya tidak melakukan scrubbing menggunakan asal-asalan karena kemampuan regenerasi kulit sudah tidak maksimal. Pilihan terbaik adalah produk yang mengandung bahan anti-aging.

Kemudian untuk membuat kulit wajah tetap kencang, glycolic acid juga layak digunakan. Bahan yang satu ini berfungsi mencegah gejala penuaan serta memudarkan kulit kusam.

Kamu dapat melakukan scrubbing setidaknya 2 kali seminggu. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat supaya hasil akhirnya sesuai harapan.

Cek juga: Berbagai Macam Mannequin Rambut Ikal Pria Keren Terkini

Nah itulah ulasan mengenai scrub wajah pria yang cocok untuk kamu gunakan sehari-hari beserta tipsnya.

Seperti yang disinggung di awal tulisan, wajah kita merupakan bagian yang umumnya dilihat pertama kali oleh orang lain ketika berpapasan. Oleh karena itu, rajinlah merawat kebersihan maupun kesehatan kulit wajah bro.

Selain wajah, gaya berpakaian kamu juga pastinya dilihat. Hati-hati agar tidak terlihat norak. Kamu dapat simak di sini untuk berbagai suggestions berpakaian yang sebaiknya kamu hindari.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar seputar scrub wajah pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Weblog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!