Lifestyle

Cara Memilih Helm Motor Keren yang Aman dan Nyaman

Buat kamu yang setiap hari bawa motor, helm sudah menjadi aksesoris harus saat berkendara. Bukan hanya sebagai aksesoris untuk tampil keren, helm motor berfungsi untuk menjamin keselamatan kamu sesuai di jalan. Oleh karena itu, memilih helm motor keren juga tidak boleh sembarangan, Sob. Bagi kamu yang masih bingung, cek lima cara memilih helm motor keren yang aman serta nyaman di bawah ini.

Pilih Ukuran yang Cocok di Kepala

Ideas pertama sesuai memilih helm motor keren adalah ukuran helm harus sesuai di kepala. Helm yang terlalu kecil atau terlalu besar akan menghasilkan kamu merasa kurang nyaman saat berkendara. Selera tidak nyaman ini akan membuat kamu menjadi susah berkonsentrasi saat membawa motor, menjadi pastikan ukuran helm yang kamu pakai tidak longgar serta tidak terlalu sempit di kepala.

Langkah gampang untuk mengecek apakah ukuran helm sudah sesuai adalah bersama mencobanya langsung. Jika pelipis kamu terasa sakit, berarti helm terlalu kecil serta harus diganti bersama ukuran yang lebih besar. Tetapi, pastikan helm tidak terlalu longgar karena helm yang longgar tidak akan memberikan perlindungan maksimal saat terjadi benturan.

Cek Busa dalam Helm

Saat membeli helm motor keren kamu, jangan lupa untuk memeriksa busa yang ada di dalam helm, ya. Keberadaan busa di dalam helm mempengaruhi ukuran helm yang dibeli. Jika ada busanya, disarankan kamu untuk upsize ukuran helm agar tidak terasa sempit. Perhatikan juga kualitas busa helm yang mau kamu beli. Terkadang busa helm sangat empuk serta nyaman, tetapi sesuai digunakan lama-lama busanya kempis. Sebaliknya, memilih helm bersama busa yang terlalu keras malah akan buat kepala kamu sakit saat digunakan terlalu lama!

Cek Juga Materials Luar dari Helm

Baca juga:
Pengertian Seni Musik
Penjelasan Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Setelah mengecek materials busa di dalam helm, jangan lupa cek materials luar helm keren kamu. Materials helm yang jelek tidak  memberi perlindungan maksimal saat kamu berkendara. Helm motor biasanya terbuat dari salah satu materials, antara thermoplastictri fiber composite, atau karbon. Setiap materials mempunyai keunggulan serta kekurangannya.

Misalnya, helm yang terbuat dari thermoplastic tingkat ketahanannya terhadap benturan sangat buruk. Helm bersama materials ini pun cenderung lebih berat. Sebaliknya, helm yang terbuat dari karbon beratnya paling ringan bersama tingkat ketahanan terhadap benturan yang memadai, tetapi helm dari materials ini pastinya lebih mahal dari helm thermoplastic.

Selalu Pilih yang Memiliki Logo SNI

Lakukan kamu yang hobi dunia otomotif pasti sudah hafal bersama istilah SNI. Ya, SNI atau Standar Nasional Indonesia yang digunakan untuk memastikan bahwa helm motor keren kamu sudah lolos uji keselamatan. Pastikan helm motor yang kamu beli tidak abal-abal serta memiliki brand SNI, Sob.

Helm motor yang memiliki brand SNI pastinya lebih mahal dari helm yang belum lolos dari uji keselamatan. Kalau kamu ingin lebih yakin lagi bersama keamanan helm motor yang kamu memiliki, kamu membeli helm motor yang sudah lulus uji keamanan tingkat internasional. Biasanya di helm bersama kualitas internasional akan ada tiga brand sekaligus adalah SNI, DOT (standar dari Amerika Perkumpulan), serta JIS (standar dari Jepang).

Pilih Jenis Helm yang Cocok bersama Kebutuhan

Ideas terakhir untuk memiliki helm motor keren buat kamu adalah membeli cocoa bersama kebutuhan. Helm motor keren hadir bersama berbagai macam bentuk serta fungsi. Oleh karena itu, pastikan helm motor yang kamu beli sudah cocoa bersama kebutuhan khusus atau sehari-hari kamu.

Lakukan kamu yang kadang touring jarak jauh, kamu pilih helm full face yang akan melindungi dari tekanan angin serta memiliki performa keselamatan yang tinggi. Buat pemakaian sehari-hari, kamu pakai helm half face yang tidak akan membuat sumpek tetapi tetap memberikan perlindungan maksimal pada kepala.

Related Articles

Back to top button