Lifestyle

Mau Bangun Hubungan Bisnis? Ikuti Tips Networking Ini

Membangun sebuah bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan, Sob. Eksis beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satu yang paling utama adalah gimana kamu membangun hubungan bisnis bersama orang lain. Apalagi bagi kamu yang baru memulai bisnis dari nol. Nah, agar bisnis kamu bisa berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus dicermati seperti berikut ini.

Buang rasa minder

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membangun hubungan bisnis adalah membuang jauh-jauh rasa minder kamu. Gantilah bersama sikap penuh percaya diri. Dalam konteks ini, sebaiknya kamu jangan pernah untuk ragu apalagi canggung ketika bertemu orang lain yang lebih berpengalaman.

Kesempatan ini bisa menjadi momentum bagi kamu untuk lebih baik lagi ke depannya. Jangan ragu untuk bertanya apa saja yang ingin kamu ketahui tentang bisnis. Cobalah untuk memberanikan diri lebih aktif dalam berkomunikasi serta berpartisipasi. Bila perlu, jangan segan untuk menawarkan bantuan pada orang lain juga.

Aktif bermain media sosial

Period digital memang memudahkan seseorang dalam berkomunikasi, contohnya menggunakan media sosial. Kamu bisa menjadikan media sosial ini sebagai sarana untuk networking bisnis selain sebagai media komunikasi. Tidak ada salahnya untuk membangun hubungan bisnis di luar lingkaran pertemanan selama ini. Tapi, harus cocoa bersama bisnis yang kamu rintis, ya.

Ikutilah akun-akun serta halaman di media sosial yang beberapa mengulas tentang bisnis atau model besar di dunia. Bersama begitu, kamu akan mendapat pandangan baru tentang strategi serta ilmu bisnis. Lampau, terapkanlah ilmu yang kamu dapat untuk menggaet calon pembeli.

Baca juga:
Ustadz Afifi Abdul Wadud
Penjelasan Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Gabung ke komunitas atau occasion entrepreneurs

Baca juga:   Pinjaman Online Aman dan Cepat Cair

Selanjutnya, cobalah untuk bergabung dalam komunitas entrepreneur atau menghadiri acara-acara seputar bisnis serta entrepreneur. Selama masa pandemi, acara seperti ini memang jarang dilakukan secara offline. Meski begitu, ada beberapa cara untuk menghadiri acara entrepreneur ini. Misalnya webinar tentang bisnis, belajar tentang bisnis melalui video, serta sejenisnya.

Sebaiknya, kamu pilih komunitas yang cocoa bersama bisnis yang kamu jalankan. Contohnya, kamu ingin terjun dalam bisnis peralatan outside. Di sini, kamu bisa bergabung bersama komunitas pendaki gunung serta provider peralatan outside. Dari sana, kamu bisa melihat serta berdiskusi tren apa saja yang sedang marak serta ramai dibicarakan untuk produk-produk terbaru misalnya. Langkah ini juga ampuh untuk membentuk pangsa pasar.

Menjadi pendengar yang baik

Saat kamu membangun bisnis serta networking, cobalah untuk menjadi seorang pendengar yang baik saat kamu sedang ngebahas empat mata maupun dalam grup diskusi. Konsentrasi serta dengarkanlah apa yang orang lain sedang bicarakan sebelum kamu mengutarakan opini kamu.

Menjadi pendengar yang baik bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan antusiasme kamu dalam menilai sesuatu. Orang lain justru lebih senang pada orang yang memiliki kemampuan mendengar pembicaraan ketimbang mereka yang beberapa bicara. Kebiasaan beberapa bicara membawa kesan bahwa kamu kurang bisa bekerja secara maksimal serta hasilnya cenderung kurang memuaskan.

Bahasa tubuh itu penting

Modal menjadi pendengar yang baik sebenarnya tidak cukup, Sob. Perhatikan juga bahasa tubuh kamu saat bertemu orang lain dalam membangun hubungan bisnis. Misalnya, saat kamu terkesan kaku bisa saja orang lain bakalan menilai hal itu tidak ramah. Bersama begitu, orang lain juga tidak nyaman saat berkomunikasi serta membangun keakraban bersama kamu.

Baca juga:   Kumpulam PP WA Couple Anime Pasangan Terpisah yang Romantis dan Aesthetic

Oleh karena itu, jangan pernah ragu serta malu untuk melakukan kontak mata. Memandang mata lawan bicara menandakan kamu serius dalam pembicaraan. Ingat juga bahwa senyum penting untuk mencairkan suasana. Bersama senyum itulah orang lain pun akan merasa nyaman saat ngobrol bareng kamu.

Setelah kenalan, jaga komunikasi

Jangan sampai kamu berdiam diri saja setelah melakukan 5 hal di atas. Kamu tetap harus merawat hubungan bisnis yang baik bersama tetap berkomunikasi. Langkah ini penting agar kamu tetap tersambung bersama orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dalam bisnis.

Merawat komunikasi di period digital ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya bersama saling tukar nomor telepon atau saling comply with media sosial. Saat kamu sudah akrab bersama orang lain dalam bisnis, maka sesekali ajaklah untuk bertemu langsung. Tujuannya jelas, adalah untuk membicarakan hal apapun tentang bisnis.

Related Articles

Back to top button