Life & Love

Tips Memberi Good Impression Saat Interview Kerja

Bagi pelamar pekerjaan, memiliki kesempatan untuk melakukan interview kerja adalah satu hal yang sangat penting. Setelah mengirim lamaran pekerjaan serta menunggu, panggilan interview hal yang ditunggu-tunggu.

Tetapi, beberapa dari para pelamar kerja yang kurang mempersiapkan diri untuk proses ini. Memberikan image yang baik pada pewawancara kerja adalah hal penting agar kita berpeluang besar memiliki pekerjaan yang diinginkan. Berikut beberapa suggestions agar anda mendapat image baik di mata pewawancara

1. Persiapan serta tepat waktu

Lakukan persiapan sebelum interview kerja, karena ini adalah hal yang sangat penting. Cobalah untuk kursus memilih pertanyaan yang kelihatannya ditanyakan. Selain itu, cari tahu latar belakang dari perusahaan atau instansi yang memberikan kesempatan interview.
Datang 15-30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Hal ini menunjukan antusias serta integritas sebagai seorang kandidat. Siapkan beberapa salinan resume, buku tambahan kecil, serta pena untuk mencatat.
Berpenampilan rapi, bersih, serta sehat. Siapkan seluruh hal minimal sehari sebelum interview, dari hal yang penting hingga berpikir baju serta sepatu apa yang harus dikenakan. Hal ini agar tidak lagi memikirkan hal lain di hari interview.

2. Bersikap hangat, tenang, serta fokus

Geledah tahu sebelum interview nama pewawancara, baik nama lengkap, ejaan, serta gelarnya. Ketika tiba waktu bertemu, berusahalah untuk bersikap hangat bersama menjabat tangan serta menyapa pewawancara bersama menyebut namanya.
Tetap tenang serta fokus pada waktu interview, merawat kedamaian akan memproduksi anda lebih nyaman dalam menghadapi interview kerja. Jaga kontak mata bersama pewawancara serta dengarkan baik-baik setiap arahan serta pertanyaan yang ditanyakan.

3. Menjaga bahasa tubuh serta tata cara bicara

Baca juga:
Ustadz Afifi Abdul Wadud
Penjelasan Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Bahasa tubuh adalah salah satu bentuk komunikasi, maka dari itu penting untuk memperhatikan bahasa tubuh. Seperti apa berjalan, duduk, serta ketika menghadapi pewawancara. Tata bahasa juga harus memiliki sopan santun agar terlihat anda menghormati orang lain serta proses interview tersebut.
Berusahalah untuk merawat bahasa tubuh yang mencerminkan kepercayaan diri, antusias, serta energi baik. Merawat kontak mata hangat lamun tegas, tidak membungkuk, serta condongkan tubuh sedikit ke depan ketika pewawancara sedang bicara untuk menunjukan ketertarikan terhadap pesan yang disampaikan.

Baca juga:   Olahraga yang Bisa Bikin Paru-Paru Makin Sehat

4. Jujur dalam menjawab pertanyaan

Perhatikan jawaban yang akan diberikan pada setiap pertanyaan, tidak perlu melebih-lebihkan jawaban. Jujur dalam menjawab serta tunjukan loyalitas pada perusahaan bersama tidak bicara buruk tentang sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, atau kolega sebelumnya.
Lakukan jawaban yang mendukung keahlian serta kelebihan sehingga perusahaan yakin bahwa anda cocok bersama posisi ini serta menerima anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selama memilih pertanyaan, tunjukkan rasa kepercayaan diri agar pewawancara terkesan bahwa anda memang orang yang optimis.

5. Menindaklanjuti interview

Di penghujung interview ajukan satu atau dua pertanyaan kepada pewawancara yang menunjukan keingintahuan yang besar tentang perusahaan serta posisi yang diinginkan. Ucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang menyenangkan serta tegaskan kembali minat untuk posisi tersebut.

Tutup interview bersama sikap optimis serta nada positif serta antusias, tanyakan kepada pewawancara apa langkah selanjutnya setelah interview selesai. Anda mungkin akan melakukan interview lanjutan apabila menunjukan image baik pada interview pertama.

Itulah beberapa suggestions yang dapat anda lakukan agar interview kerja anda memberikan image baik bagi pewawancara. Jangan menyerah serta kursus terus, ya!

Related Articles

Back to top button