Hangout

Daftar 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad yang Terkenal Enaknya

Eksis sejak puluhan tahun terus dengan usia berjualan lebih dari 50 tahun. Membikin mie ayam ‘jadul’ ini mempunyai banyak pelanggan setia sampai sekarang.

Membicarakan tempat makan mie ayam enak yang legendaris, pastinya seluruh orang mempunyai tempat favoritnya masing-masing. Namun ada beberapa tempat makan mie ayam yang sudah terkenal sejak dulu.

Apalagi usianya mencapai setengah abad, adalah di atas 50 tahun. Selama puluhan tahun berjualan, tempat makan mie ayam ini tak pernah sepi dari pengunjung yang datang dari bermacam generasi.
Berikut lima tempat makan mie ayam jadul berumur setengah abad yang masih dapat dinikmati hingga sekarang.

1. Bakmi Aboen

Pertama kali dibuka pada tahun 1962 (60 tahun), tempat makan bakmi serta Chinese food ini masih eksis hingga sekarang. Letak Bakmi Aboen cukup tersembunyi di gang. Pengunjung harus rela berjalan kaki di sepanjang Pasar Baru.

Setelah itu pengunjung harus menyusuri Gang Kelinci yang cukup ramai untuk sampai ke Bakmi Aboen. Menu yang ditawarkan juga sederhana, pertama ada menu bakmi non-halal seperti bakmi babi jamur atau babi pangsit.

Tersedia juga menu bakmi bakso ikan serta ayam. Jika suka hidangan Chinese food, dapat pesan capcay goreng, ayam goreng mentega, kodok goreng mentega sampai fuyunghai. Kisaran harga di sini dimulai dari Rp 35.000.

2. Bakmi Boy

Terdapat yang jauh lebih lama, warung mie ayam legendaris yang dikenal dengan nama Bakmi Boy sudah ada sejak tahun 1963 (59 tahun). Namun, kini Bakmi Boy telah menempati bangunan baru yang tampak lebih trendy. Tentunya semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk terus mencicipi racikan mie ayam legendarisnya. Kebanyakan pengunjung di warung mie ayam legendaris ini adalah ibu-ibu.

Baca juga:
Pengertian Seni Musik
Penjelasan Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi mie ayam sangat berbagai. Hal tersebut ditentukan dari isian mie ayam itu sendiri. Misalnya mie ayam polos yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 28.000. Apabila anda mau menambahkan bermacam topping harga yang ditawarkan dapat mencapai sekitar Rp. 45.000.

Buat toppingnya anda dapat memilih seperti bakso, serta pangsit goreng atau pangsit rebus.
Menariknya lagi, warung mie ayam legendaris ini juga menawarkan mie yam dalam ukuran jumbo yang dapat dimakan beramai-ramai. Mienya tampak tipis tetapi untuk teksturnya terasa kenyal. Apalagi ditambah dengan daging ayam cincang berbumbu putih, sawi serta kaldu gurih. Selain mie ayam, Bakmi Boy juga menawarkan menu yamin yang manis gurih.

3. Mie Ayam Gondangdia

Siapa tak kenal dengan Mie Ayam Gondangdia? Warung mie ayam legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1968 (52 tahun). Mie ayam legendaris ini dikenal punya racikan mie ayam yang lezat. Di samping rasanya yang bikin ketagihan, warung Mie Ayam Gondangdia mempunyai cerita sejarah yang panjang. Warung makan yang jadi favorit banyak orang ini sempat mengalami kebakaran pada tahun 2014.

Rupanya yang menjadi pelanggan mie ayam legendaris ini dari bermacam kalangan. Mantan presiden Megawati Soekarnoputri pun pernah mencicip kelezatan mie ayam di sini. Menu yang paling dipesan pembeli adalah mie Mie Pangsit yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 36.000. Anda akan dibikin kaget dengan teksturnya mienya yang terasa halus.

Selain itu rasa pada kaldunya pun sangat gurih. Berpadu dengan potongan daging ayam yang rasanya manis. Esa porsi mie ayam legendaris di sini dilengkapi dengan pangsit rebus yang juga bertekstur lembut. Selain mie ayam, warung ini juga menawarkan menu lainnya seperti bihun goreng, ayam kuluyuk serta Fuyunghai.

4. Mie Ayam Pendi Kerinci

Dikenal dengan nama Mie Ayam Pendi Kerinci, mie ayam legendaris ini sudah beroperasi sejak tahun 1972 (50 tahun). Warung mie ayam di sini hanya menggunakan gerobak sederhana. Namun, pengunjungnya terbilang membludak. Kata ‘Kerinci’ yang digunakan diambil dari nama jalan tempat warung ini berada, adalah jalan Kerinci. Kebanyakan pembeli di warung sederhana ini adalah pekerja kantoran hingga pelajar.

Mie ayam legendaris di sini dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau. Buat satu porsinya saja hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 13.000 saja. Harga tersebut dibedakan karena adanya tambahan bakso atau tidak sebagai toppingnya. Mie Ayam Pendi Kerinci sampai saat ini masih menawarkan mie ayam dengan rasa original tanpa tambahan topping lainnya.

Itulah alasan dibalik kecintaan orang kepada mie ayam legendaris ini. Kebanyakan pengunjung yang datang selalu suka dengan porsi ayamnya yang diberikan secara royal. Bahkan hampir menutupi lapisan mie di bawahnya. Seporsi mie ayam di sini juga dilengkapi dengan guyuran kuah kaldu gurih yang berwarna bening.

5. Bakmi Tropik

Tak jauh dari Bakmi A Boen, juga ada bakmi yang legendaris lainnya. Nama tempatnya bernama Restoran Tropic, tetapi lebih dikenal dengan sebutan Bakmi Tropik.

Restoran bakmi ini sudah beroperasi sejak tahun 1950 (72 tahun). Jika ke sini dapat cicip Mie Yaminnya yang menjadi andalan. Mienya berwarna kecoklatan karena dicampur dengan kecap manis serta bumbu bawang putih.

Mienya dilengkapi dengan daging ayam cincang serta bawang goreng. Selain itu juga diberikan kuah kaldu secara terpisah serta di dalamnya diberi daun bawang. Mienya berbentuk kecil pipih. Sementara teksturnya terasa kenyal serta lembut karena dimasak dengan suhu serta waktu yang sesuai.

Related Articles

Back to top button