Otomotif

Mulai 22 Desember, Anda Bisa Lintasi Tol Semarang-Demak Seksi 2 Gratis – Kompas.com – KOMPAS.com

Mulai 22 Desember, Anda Bisa Lintasi Tol Semarang-Demak Seksi 2 Gratis
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan mengoperasikan secara fungsional ruas Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak mulai Kamis (22/12/2022).
Pengoperasian ruas tol sepanjang 16,31 km tersebut diambil guna mendukung kelancaran lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.
Sebagaimana mengutip dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Rabu (21/12/2022).
Mulai besok 22 Desember 2022 Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang akan difungsionalkan dan masih gratis,” tulis akun tersebut.
Adapun jadwal detil pengoperasian fungsionalnya yakni, mulai 22 Desember 2022 pukul 07.00 WIB sampai dengan 2 Januari 2023 pukul 23.59 WIB.
Baca juga: Mulai 23 Desember, Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dapat Dilalui Gratis
Kendati melintasi Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak belum dikenakan tarif, pengendara tetap harus membawa kartu e-toll untuk tapping di Gerbang Tol.
Jangan lupa pengendara yang mau masuk tol wajib membawa kartu uang elektronik (e-Toll) untuk tapping di gerbang tol, tenang saldonya gak kepotong kok,” pungkasnya.
A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)
 
Mengenai pengoperasian sejumlah ruas tol secara fungsional, sebetulnya pernah disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Salah satunya ketika menghadiri Rakor Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Mabes Polri, Jumat (16/12/2022) lalu.
Menurut Basuki, Kementerian PUPR akan mengoperasionalkan secara fungsional 7 ruas jalan tol di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol di Sumatera.
Baca juga: Basuki Pastikan 9 Ruas Tol Siap Difungsikan Buat Nataru, Ini Daftarnya
“Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” terangnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.
Dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas, Kementerian PUPR juga memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.578 km dan jalan nasional (non-tol) sepanjang 46.690 km.
“Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini,” pungkas Basuki.

Baca juga:   Ferrari 812 Competizione, Seri Terbaru Supercar Model GT Flagship Ferrari

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Related Articles

Back to top button